End User Licence Agreement (EULA)

Updated, 29 February 2016

Geeknesia adalah sebuah Internet of Things (IoT) Platform untuk mempermudah development solusi IoT, juga merupakan sarana untuk showcase ide, proyek, solusi, atau startup yang berhubungan dengan IoT, dan merupakan platform Crowdfunding untuk berbagai macam produk teknologi. Geeknesia dikembangkan dan dibuat oleh PT. IoT Inovasi Indonesia. User adalah seluruh pengguna platform Geeknesia baik sebagai User, Creator, dan Supporter.

ANDA DIHARAPKAN MEMBACA SURAT PERSETUJUAN INI (EULA / END USER LICENSE AGREEMENT) SEBELUM MENGGUNAKAN PLATFORM GEEKNESIA. DENGAN MELAKUKAN REGISTRASI, DAN MENGGUNAKAN PLATFORM GEEKNESIA MAKA ANDA MENYETUJUI SURAT PERSETUJUAN INI. PERSETUJUAN INI BERLAKU SEBAGAI KONTRAK TERTULIS / KONTRAK DIGITAL YANG MEMILIKI KEKUATAN HUKUM. JIKA ANDA TIDAK MENYETUJUI KONTRAK INI MAKA ANDA TIDAK DAPAT MENGGUNAKAN PLATFORM GEEKNESIA.

DENGAN MENYETUJUI KONTRAK INI , ANDA MENYATAKAN BAHWA ANDA BERUMUR 18 TAHUN ATAU LEBIH DAN MENYATAKAN SETUJU UNTUK MENGIKUTI SEGALA HUKUM YANG BERLAKU. DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE GEEKNESIA MAKA ANDA SETUJU UNTUK MENGIKUTI SEGALA PERATURAN YANG BERLAKU PADA KONTRAK INI.

PERATURAN DALAM PERSETUJUAN INI DAPAT DIREVISI KAPANPUN OLEH PT. IOT INOVASI INDONESIA SESUAI DENGAN KONDISI YANG ADA. Semua revisi pada persetujuan ini akan ditampilkan pada website www.geeknesia.com

Definisi Geeknesia

  1. Geeknesia adalah sebuah Internet of Things (IoT) Platform yang dapat digunakan untuk mempermudah development solusi IoT, juga merupakan sarana untuk showcase ide, proyek, solusi, atau startup yang berhubungan dengan IoT, dan juga merupakan platform Crowdfunding.
  2. Project adalah sebuah pekerjaan yang memiliki tujuan yang jelas yang ingin diwujudkan oleh User.
  3. Crowdfunding adalah upaya untuk mendanai suatu proyek atau usaha bisnis dengan sumber dana yang berasal dari sejumlah besar orang yang prosesnya dilakukan melalui online platform.

Cara Kerja Geeknesia

Peran User

  1. User adalah semua orang yang menggunakan website Geeknesia baik sebagai Creator, Supporter atau hanya pengunjung.
  2. User dapat melakukan showcase dokumentasi dari ide mereka di website Geeknesia.
  3. User dapat menggunakan fasilitas Platform IoT Geeknesia untuk menghubungkan alat – alat IoT mereka dengan Internet.
  4. User dapat melihat semua dokumentasi Project dengan status publik di website Geeknesia
  5. User dapat bertindak sebagai Creator dan atau Supporter.

Peran Creator

  1. Creator adalah semua orang yang bertanggung jawab untuk mewujudkan Project yang telah ditingkatkan statusnya menjadi Campaign.
  2. Creator adalah User yang akan melakukan Crowdfunding
  3. Untuk menjadi Creator, user dapat menghubungi admin Geeknesia untuk meningkatakan status menjadi Premium User.
  4. Untuk melakukan Crowdfunding, Creator harus terlebih dahulu membuat Project di Geeknesia, kemudian mengubah status project tersebut menjadi Campaign.

Hak, Kewajiban dan Saran untuk Creator

  1. Setelah Project didanai dengan sukses maka kewajiban Creator adalah menyelesaikan Project tersebut dan mengirimkan semua reward yang dijanjikan kepada para Supporter.
  2. Creator berhak atas dana yang terkumpul dari Supporter.
  3. Jika terdapat kendala dalam menyelesaikan Campaign, Creator diharapkan untuk trasparan dan menjelaskan seluruh keadaan Project kepada Supporter.
  4. Jika ada suatu masalah yang terlalu sulit untuk diselesaikan dan Creator tidak dapat menyelesaikan Project mereka, maka Creator harus menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu cara yang kami sarankan adalah dengan melakukan pengembalian dana secara pribadi kepada Supporter.
  5. Creator disarankan untuk menjelaskan info latar belakang sejelas dan selengkap mungkin agar Supporter memiliki info lengkap dan lebih percaya terhadap Project yang dikerjakan.

Peran Supporter

  1. Supporter adalah semua orang yang mendukung Project dengan dana mereka untuk mewujudkan Project tersebut.
  2. Supporter berperan memberi Donasi kepada Creator sesuai dengan nilai paket Reward yang dipilih oleh Supporter tersebut.
  3. Setelah memilih paket Reward, Supporter wajib melakukan transfer dana sesuai dengan jumlah yang dipilih.

Hak, Kewajiban dan Saran untuk Supporter

  1. Supporter berhak mendapatkan reward yang dijanjikan oleh Creator sesuai dengan paket reward yang dipilih oleh Supporter.
  2. Supporter disarankan memilih Creator yang mencantumkan informasi lengkap tentang latar belakang mereka, dan memiliki track record yang baik.
  3. Supporter dapat menemukan informasi lengkap tentang Creator dengan cara membuka informasi biografi pada halaman profile Creator.
  4. Supporter juga disarankan melakukan cek info pada halaman profile social media milik Creator untuk memastikan bahwa Creator mampu menyelesaikan Campaign yang berlangsung.
  5. Jika Creator tersebut terlihat tidak memiliki pengalaman atau info tentang Project terlihat kurang lengkap, Supporter disarankan lebih berhati – hati dalam memberikan dukungan.
  6. Supporter tidak perlu ragu untuk meminta informasi lebih dari Creator sebelum melakukan donasi.
  7. Selain itu Supporter juga dapat langsung menghubungi creator melalui email, atau social media yang dicantumkan.
  8. Terkadang hal – hal tertentu dapat memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan. Jika Creator memiliki niat baik dan terus menyelesaikan Project tersebut, para Supporter diharapkan untuk sabar menunggu progress dari Creator.
  9. Penting untuk diingat bahwa proses crowdfunding tidak seperti membeli barang dari toko, dan ada kemungkinan bahwa barang yang dijanjikan tidak selesai.

Definisi Campaign

  1. Campaign adalah Project yang ditingkatkan privilegenya untuk Crowdfunding
  2. Campaign dibuat oleh para Creator dan didanai oleh Supporter.
  3. Supporter memberi donasi kepada Creator dengan cara memilih salah satu paket reward yang disediakan oleh Creator
  4. Reward adalah cara Creator untuk menunjukan rasa terimakasih mereka kepada Supporter dengan memberi hadiah berupa gift / tanda terimakasih, atau memberi produk yang dihasilkan dari Campaign yang dijalankan
  5. Goal adalah jumlah dana yang diperlukan untuk menyelesaikan Project
  6. Campaign terdiri dari dua jenis Goal, yaitu Flexible Goal, dan Fixed Goal
    • Pada flexible funding, Creator tetap berhak menerima donasi yang terkumpul meski tidak mencapai Goal yang ditentukan. Pencairan donasi akan dilakukan disaat periode fund raising telah berakhir.
    • Pada fixed funding, Creator hanya berhak menerima donasi yang terkumpul jika total donasi mencapai Goal yang ditentukan.
      • Khusus untuk fixed funding, Creator diharuskan melakukan deposit dana sejumlah 5% dari total jumlah dana yang diharapkan. Dana ini berfungsi sebagai ongkos ATM Transfer untuk pengembalian dana ke Supporter jika Goal tidak tercapai
      • Dana akan dipotong sebesar Rp 7.000,00 x jumlah transaksi.
      • Jika Goal tercapai maka dana deposit ini akan dikembalikan seluruhnya kepada Creator.
      • Jika Goal tidak tercapai dan dana pengembalian lebih besar dari nilai deposit maka Creator harus membayar kekurangan dana tersebut kepada pihak Geeknesia.
      • Jika Goal tidak tercapai dan dana pengembalian lebih kecil dari nilai deposit maka dana yang tersisa akan dikembalikan seluruhnya kepada Creator
  7. Geeknesia berhak atas 5% dari total dana yang terkumpul untuk Campaign + biaya admin untuk biaya transfer bank.
  8. Seluruh dana yang dikirim oleh Supporter menggunakan Credit Card akan dipotong sebesar 3,2% + Rp 7.000,00 untuk payment gateway.
  9. Untuk semua jenis funding, setelah periode Campaign berakhir, Geeknesia akan merilis seluruh data Supporter yang memberikan dukungan terhadap Campaign sehingga Creator dapat mengirimkan reward yang dijanjikan. Data ini akan tetap dikirim walaupun Goal tidak tercapai.

Pertanggung jawaban Geeknesia

  1. Geeknesia bertangggung jawab mempertemukan Creator dan Supporter pada website www.geeknesia.com
  2. Creator bertanggung jawab penuh secara pribadi untuk menyelesaikan Project mereka dan mengirimkan reward yang mereka janjikan kepada Supporter. Geeknesia bertindak sebagai perantara, dan tidak bertanggung jawab terhadap Creator atau Supporter. Reputasi Creator ditentukan oleh Supporter.
  3. Supporter wajib memberikan kontribusi kepada Creator berupa dana dengan nilai sama dengan atau lebih besar dari donasi yang dipilih.
  4. Geeknesia tidak menjamin berhasilnya sebuah Project karena Geeknesia memiliki market yang berbeda dengan pendanaan tradisional, dimana pendanaan tradisional mengutamakan keuntungan dan menghindari resiko. Pada umumnya hal ini menyebabkan jutaan ide brilian kehilangan kesempatan.
  5. Geeknesia mendukung para Creator untuk berani mengeksplorasi berbagai resiko untuk ide kreatif.
  6. Untuk melindungi seluruh komunitas baik Creator ataupun Supporter Geeknesia memiliki team yang terorganisir untuk memonitor aktivitas mencurigakan. Team ini melakukan seleksi terhadap laporan dari komunitas dan akan menindak segala hal yang tidak sesuai dengan aturan yang ada.

DENGAN INI ANDA MEMAHAMI, TELAH MEMBACA DAN MENGERTI SELURUH ATURAN YANG BERLAKU. DAN DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM GEEKNESIA ANDA MENYETUJUI SELURUH PERSYARATAN DAN KONDISI INI.