V-Wave



Posted on November 12, 2015 at 2:20 PM

V-Wave merupakan sebuah plat nomor pintar yang terintegrasi dengan smartphone pengendara dimana V-Wave akan memberikan peringatan saat ada beberapa kondisi khusus yang sekiranya dapat membahayakan pengendara. V-Wave juga dapat mengambil data-data kondisi sekitar kendaraan dan membuat jaringan dengan perangkat V-Wave terdekat lainnya untuk saling bertukar informasi .




Overview Proyek

Tingginya pertumbuhan penduduk berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan sarana transportasi. Ironisnya, kecelakaan lalu lintas di Indonesia merupakan penyebab terjadinya kematian ketiga terbesar setelah penyakit jantung dan TBC. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 2011 menyebutkan, sebanyak 67 persen korban kecelakaan lalu lintas berada pada usia produktif yakni 22 – 50 tahun. Sedangkan menurut data dari BPS pada tahun 2013 terjadi kecelakaan sebesar 100.106 kali yang menyebabkan kerugian materi sebesar Rp 255.864 Juta. Sementara itu dari kajian Balitbang Kementerian PU disebutkan, kecelakaan lalu lintas sebanyak 67 persen disebabkan oleh human error (kesalahan manusia), 33 persen oleh kondisi jalan dan lingkungan, dan sisanya kendaraan bermotor yang tidak layak jalan.

Menindak lanjuti masalah tersebut pemerintah telah melakukan beberapa upaya seperti dibangunnya jaringan Sistem Pelayanan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) agar dapat segera menindak lanjuti saat terjadi kecelakaan sehingga dapat mengurangi angka kematian dan kecacatan korban kecelakaan. Sedangkan untuk tindakan preventif sendiri, pemerintah masih mengandalkan seminar dan sosialisasi kepada para remaja. Kami melihat hal tersebut masih kurang efektif melihat banyaknya korban kecelakaan merupakan warga usia produktif.

Oleh karena itu V-Wave hadir sebagai salah satu teknologi terbaru sebagai bentuk preventif dari terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh faktor human error. V-Wave merupakan sebuah plat nomor pintar yang terintegrasi dengan smartphone pengendara dimana V-Wave akan memberikan peringatan saat ada beberapa kondisi khusus yang sekiranya dapat membahayakan pengendara. V-Wave juga dapat mengambil data-data kondisi sekitar kendaraan dan membuat jaringan dengan perangkat V-Wave terdekat lainnya untuk saling bertukar informasi .

Konsep ini disebut dengan konsep komunikasi V2V (Vehicle-to-Vehicle). Komunikasi V2V adalah teknologi komunikasi antara kendaraan pada jalan umum. Dengan teknologi ini,  setiap kendaraan di jalan dapat saling bertukar informasi yang meliputi kecepatan, percepatan, dan lokasi. Sebuah riset yang dulakukan oleh IBM di Eindhoven menunjukkan bagaimana memiliki jaringan antara mobil dapat membantu perkotaan untuk memangkas kemacetan, meningkatkan keamanan dan mencegah kecelakaan. Teknologi V-Wave merupakan tahap pertama dari sebuah solusi besar untuk membuat sistem transportasi menjadi aman dalam sebuah kerangka Smart City

Tujuan Proyek

  1. Membuat devais berbasis Internet of Things yang berguna sebagai alat komunikasi V2V (Vehicle to Vehicle) untuk kepentingan pengendara kendaraan umum maupun pribadi agar lebih aman dalam berkendara.
  2. Sebagai pengganti solusi monitoring posisi transportasi umum yang berbasis crowdsource maupun berbasis telepon genggam.
  3. Sebagai device untuk monitoring kepadatan lalu lintas secara real-time.
  4. Sumber data valid untuk penilaian dan peninjauan gaya pengemudi yang dapat digunakan untuk peninjauan validitas SIM dan skema asuransi kendaraan.

Alat dan Bahan

  1. Dua buah ESP8266
  2. Satu buah Arduino Pro Mini
  3. Satu buah Adafruit Ultimate GPS Breakout
  4. Satu buah Solar Power Bank
  5. Satu buah Vibration Sensor

Cara Kerja Alat

Penjelasan Diagram Node V-Wave

  1. Node mesh ESP8266, berguna sebagai komponen yang membentuk jaringan mesh dari esp8266 yang terdapat disekitar mobil tersebut. Node mesh ini akan berbagi data seperti, akselerasi, kecepatan, lokasi, dan lain-lain kepada seluruh mesh node ESP8266 yang terkoneksi ke jaringan mesh tersebut. Setelah itu data tersebut akan dikirim ke board arduino pro mini.
  2. Board arduino pro mini, digunakan sebagai pengumpul data-data dari GPS dan Node Mesh ESP8266, setelah data-data tersebut diterima, data tersebut akan dikirim ke node internal ESP8266.
  3. Node internal ESP8266, akan berfungsi sebagai penghubung dari semua data-data yang telah dikumpulkan arduino pro mini ke progam android pada smart phone pengguna. Node internal ESP8266 ini memiliki mekanisme seperti server, sehingga program android hanya tinggal me-fetch data tersebut melalui IP static yang sudah di-set sebelumnya.
  4. Android, akan berfungsi sebagai Interface dari sistem V-Wave. Pada program tersebut akan menampilkan data lokasi dan kecepatan mobil pengguna dan informasi mobil terdekat. Selain itu, akan memberi peringatan pada user jika terjadi pergerakan yang membahayakan dari mobil yang mendekati pengguna v-wave.
  5. Server, akan menjadi tempat untuk me-log setiap aktifitas pengguna v-wave dan hanya akan digunakan atau dilihat jika terjadi tindak pidana, atau hal lainnya seperti evaluasi sim pada pengguna v-wave.

Penjelasan Diagram Daya

  1. Panel Surya, akan menjadi sumber tenaga untuk me-ngisi LiPo. Panel surya ini akan menjadi pengganti dari plat nomor pada mobil, sehingga dapat menangkap daya yang cukup besar.
  2. LiPo, ialah sebagai baterai yang menyimpan tenaga listrik untuk memberi daya ke semua komponen V-Wave
  3. Charger Lipo, digunakan untuk controller yang mengatur daya ke LiPo dan ke komponen V-Wave agar dapat melakukan charging dan pemberian daya secara transparan ke LiPo dan komponen V-Wave
  4. Kill Switch dari Sensor Vibrasi, ialah rangkaian yang mengatur node V-Wave agar mendapatkan daya dari LiPo. Rangkaian ini akan memberi daya ke node V-Wave jika terjadi vibrasi pada mobil (vibrasi pada mobil ini berarti mobil telah dinyalakan, dan akan me-deteksi vibrasi dari mesin mobil) dan akan memutuskan daya jika tidak ter-deteksi adanya vibrasi dari mobil.
  5. Node V-Wave, ialah seluruh komponen dijelaskan pada diagram sebelumnya.

 

Penjelasan Cara Kerja V-Wave

  1. Mobil Biru, memiliki mesh node ESP8266 yang terhubung ke mobil-mobil terdekat, yaitu mobil di kiri dan mobil dikanan. Setelah terkoneksi, node-node tersebut akan bertukar informasi ke se-samanya. Data tersebut nantinya akan dikirim ke arduino pro mini dan dikirim ke Android untuk di proses dan di-interfacce ke pengguna.
  2. Mobil Jingga, merupakan mobil terdekat dari mobil pengguna v-wave yang akan memberi informasi seperti kecepatan, percepatan, dan lokasi ke mobil biru.
  3. Mobil Hijau, ialah mobil-mobil yang jauh dari mobil biru dan tidak akan memberi informasi ke node v-wave pada mobil biru.
  4. Penentuan mobil mana yang akan dipilih sebagai mobil terdekat akan dilihat dari kekuatan sinyal ESP8266 pada setiap mobil.

Fitur Perangkat Keras

  • Untuk semua jenis kendaraan baik pribadi maupun umum.
  • Pada transportasi umum dapat digunakan untuk mengetahui posisi kendaraan secara real-time, juga dapat digunakan untuk melakukan monitoring terhadap etika berkendara.
  • Scalable
    • V-wave dapat di kembangkan untuk berbagai macam aplikasi seperti integrasi ke Waze.
    • V-Wave juga dapat di integrasi ke tahap-tahap selanjutnya seperti komunikasi dengan infrastruktur (Vehicle to Infrastructure atau V2I).
  • Sumber data untuk analisis dan data mining.
    • Data quantitatif mengenai penggunaan jalan pada jam tertentu. Banyak kebijakan dapat di lihat kembali efektifitasnya dari data yang didapat.
  • Berguna untuk prediksi lalu lintas, pengendalian adaptif lampu lalu lintas untuk mengoptimalkan kelancaran berkendara.
    • Implementasi V-wave pada kendaraan diperkotaan dapat memberikan data yang lebih akurat terhadap kepadatan lalu lintas pada setiap waktu.
  • Mendeteksi posisi mobil pada jalan.
    • V-wave dapat mengetahui posisi jalur pada saat berkendara. Hal ini didapat dari algoritma yang menggunakan input dari komunikasi dengan mobil-mobil disekitarnya.
    • Dengan mengetahui posisi mobil dan posisi lain, pengedara dapat diperingatkan oleh aplikasi  jika ada mobil yang akan berganti jalur atau pun jika pengendara ingin berganti jalur.

Budget

No

Nama Barang

Kuantitas

Harga Satuan

Harga Total

1

ESP8266

2

50000

100000

2

Arduino ProMini

1

45000

45000

3

Adafruit Ultimate GPS Breakout

1

544920

544920

4

Solar Power Bank

1

120000

120000

5

Vibration Sensor

1

70000

70000

6

Kabel

1

50000

50000

7

Mosfet

1

20000

20000

8

PCB

1

100000

100000

9

Regulator Daya

1

23000

23000

Total

1072920

 

Prototype

Salah satu fitur yang kami usung dari V-Wave adalah terintegrasinya hardware plat nomor dengan sebuah aplikasi smartphone. Aplikasi ini berfungsi sebagai tatap muka antara mobil dengan pengendara, selain itu juga berfungsi sebagai penghubung antara V-Wave dengan Server. Data-data yang diambil oleh V-Wave akan ditampilkan dan juga dikirim ke server sebagai sumber data untuk analisis dan data mining.

Sedangkan untuk antarmuka pengguna, aplikasi V-Wave memiliki beberapa fitur yaitu dapat menampilkan lokasi kendaraan lain dalam bentuk maps, kemudian dapat menampilkan kecepatan dan percepatan mobil terdekat, serta dapat memberikan peringatan saat ada beberapa kondisi mendadak.

                          


Leave a Comment:

Please Sign in First