Smart Nurse Call



Posted on May 05, 2016 at 11:00 PM

Smart Nurse Call adalah alat untuk memanggil suster dan dokter jaga. Smart Nurse Call terintegrasi dengan internet dan smartphone android sehingga meningkatkan respon para suster.




I. LATAR BELAKANG

Kesehatan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan, tanpa adanya kesehatan setiap aktifitas sehari-hari akan terganggu. Di Indonesia sendiri penanganan tentang masalah kesehatan masih terbilang cukup rendah, menurut Badan Pusat Statistik di Indonesia umur harapan Hidup Laki-laki + Perempuan baru mencapai 69%[1]. Nominal tersebut masih sangat jauh dari harapan hidup 100%. Banyak sekali faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat hidup di Indonesia, salah satunya penanganan yang masih buruk di beberapa rumah sakit di Indonesia, menurut Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengatakan bahwa pelayanan kesehatan rumah sakit dan dinas kesehatan secara umum kurang efektif [2]. Ambil contoh pada alat yang bernama Nurse Call, Nurse Call System adalah alat yang berfungsi untuk memanggil Suster , alat ini sebagai komunikasi khusus antar pasien dan perawat dalam area rumah sakit, fungsi dari alat ini untuk mendukung dan mengoptimasi tugas para perawat dalam melayani pasien yang sedang dirawat dalam ruang rawat inap. Namun dalam beberapa kasus suster masih kurang merespon apabila pasien menekan tombol nurse call, banyak sekali faktor yang meenyebabkan kurangnya respon para suster yaitu peringatan nurse call terfokus hanya pada satu tempat, maksudnya adalah, ketika pasien menekan tombol nurse call, maka akan ada lampu yang menyalah dan lampu tersebut hanya ada pada tempat tertentu dan tidak portable bisa di bawa kemana-mana. Sehingga Nurse call masih memiliki ruang yang terbatas yang menyebabkan respon penanganan suster di rumah sakit lamban, selain itu untuk pasien rawat jalan masih tidak memungkinkan untuk menggunakan nurse call karena ruang lingkup nurse call masih terbatas di rumah sakit saja. Oleh karena itu di butuhkan sebuah solusi untuk menangani permasalahan tersebut yaitu Smart Nurse Call.

Smart Nurse call terintegrasi dengan internet melalui ESP8266 sehingga memungkinkan di bawa kemana-mana. Smart Nurse call di lengkapi dua tombol yaitu tombol merah dan hijau. Selain itu smart nurse call juga di lengkapi sebuah aplikasi berbasis android untuk meningkatkan respon para suster karena semua suster pasti mempunyai smartphone dan selalu di bawa kemana-mana , ketika pasien menekan tombol hijau pada smart nurse call, maka akan muncul sebuah notifikasi  yang berisi data pasien untuk suster dan memudahkan suster untuk mempersiapkan apa yang di butuhkan para pasiennya. Ketika dalam keadaan emergency, Smart nurse call di lengkapi tombol merah yang terhubung langsung pada dokter penjaga sehingga penanganan pada setiap pasien akan lebih efektif karena penanganan lebih cepat di banding Nurse call biasa.

II. TUJUAN

Tujuan PembuatanSistem Ini adalah :

  • Meningkatkan respon para Suster dan Dokter
  • Memudahkan pasien untuk membawa Smart Nurse call terutama bagi pasien rawat jalan.

III. FLOWCHART

IV. KOMPONEN SMART NURSE CALL

  • Arduino Uno
  • Switch Button
  • Esp8266
  • Baterai

V. DIAGRAM BLOCK

VI. RANGKAIAN HARDWARE

VII. DESIGN HARDWARE

  1. Tombol Switch
  2. Arduino Uno
  3. ESP8266
  4. Baterai

VIII. MOCKUP APLIKASI


Leave a Comment:

Please Sign in First