Smart CC : CCTV yang Terintegrasi dengan IoT



Posted on April 25, 2016 at 5:17 PM


Smart CC adalah sebuah CCTV yang dapat bergerak kekanan dan kekiri, menyalakan lampu, menyalakan TV dan perangkat IoT lain dengan kendali jarak jauh sekaligus pemantauan jarak jauh melalui internet.




Smart CC

Keamanan merupakan salah satu factor utama dari sebuah hunian. Karena di dalam hunian setiap orang menyimpan berbagai harta berharga dan bahkan nyawa. Sehingga keamannya dapat memberikan dampak ketenangan bagi pemilik. Namun, banyak tindak kejahatan yang juga mengincar hunian sebagai mansanya. Salah satu tindak kejahatan yang paling sering terjadi adalah pembobolan dan pencurian ketika rumah sedang kosong.

Berbagai produk pengamanan hunian telah ada. Mulai dari detector pintu terbuka, detector gerakan, cc tv, alarm pencurian, tralis, dan lain sebaigainya. Namun kesulitan pemasangan dan harga yang mahal membuat berbagai produk ini sulit untuk tumbuh di masyarakat menengah. Selain itu, jarang sekali ada product yang bisa dikombinasikan dengan product lain meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu melendungi hunian.

Oleh karena itu, penulis bermaksud membuat sebuah system kendali yang dapat mengintegrasikan berberapa system security dan smart control (pengendalian lampu, kipas, tv dan lainnya). System ini penulis berinama Smart CC. Secara umum, Smart CC adalah sebuah CCTV yang dapat bergerak kekanan dan kekiri dengan kendali jarak jauh sekaligus pemantauan jarak jauh melalui internet. Selain sebagai CCTV, Smart CC juga akan diintegrasikan dengan beberapa system keamanan dan system kendali lain seperti key Code, Sensor Suhu, Sensor Cuaca, Lamp Control, dan berbagai modul lain.

Smart CC yang ingin penulis buat adalah sebuah system yang mampu :

  1. CC TV yang dapat diakses dan dipantau dari jarak jauh menggunakan aplikasi android dan web
  2. Menggerakan CC TV dan membunyikan alarm dengan kendali dari jarak jauh menggunakan aplikasi android dan web
  3. Menimbulkan suara gaduh (alarm) saat mendeteksi gerakan oleh kamera
  4. Dapat diintegrasikan dengan modul lain dengan mudah

Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang penulis gunakan untuk membuat Smart CC adalah Arduino Uno, Smartphone, Powerbank, ESP 8266, LM 35, LDR, Jumper, Motor Servo, protoboard minidan LED.

1. Arduino Uno

Arduino Uno adalah papan sirkuit berbasis mikrokontroler ATmega328. IC (integrated circuit) ini memiliki 14 input/output digital (6 output untuk PWM), 6 analog input, resonator kristal keramik 16 MHz, Koneksi USB, soket adaptor, pin header ICSP, dan tombol reset. Hal inilah yang dibutuhkan untuk mensupport mikrokontrol secara mudah terhubung dengan kabel power USB atau kabel power supply adaptor AC ke DC atau juga battery. Arduino uno berfungsi sebagai pengambil dan pengolah data baik data digital maupun analog.

2. Smartphone Android

Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti ponsel cerdas. Bagi beberapa orang, ponsel cerdas merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, ponsel cerdas merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book), merekam video, internet, terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun dihubung keluar) dan dan lain sebagainya. Peran serta smartphone dalam pembuatan alat kali ini adalah sebagai pengganti dari beberapa modul yang dibuthkan yaitu camera, GSM, Gprs, dan speaker. Hal ini akan mengurangi cukup banyak pengeluaran dibandingkan dengan membeli modul tersebut satu persatu. Sementara pemilihan OS android adalah karena OS ini merupakan perangkat lunak opensource. Sehingga kita dapat membuat aplikasi dan diintegrasikan langsung dengan nya.

3. Power Bank

Power Bank adalah sebagai pengisi daya gadget saat kita sedang berada diluar dan jauh dari sumber listrik. Sama seperti namanya, dalam pembuatan alat ini Power Bank akan digunakan sebagai sebuah catu daya untuk menjalankan system. Selain sabagai catu daya, powerbang juga berperan sebagai regulator dengan menggabungkannya bersama carger sehingga bisa merubah daya listrik 220 PLN menjadi sesuai dengan daya untuk Arduino.

4. ESP 8266

ESP8266 adalah wifi module dengan output serial TTL yang dilengkapi dengan GPIO, dengan harga sekitar 80 ribu rupiah wifi module ini dapat dipergunakan secara standalone maupun dengan mikrokontroler tambahan untuk kendalinya. Ada beberapa jenis ESP8266 yang dapat ditemui dipasaran, namun yang paling mudah didapatkan di Indonesia adalah type ESP-01,07,dan 12 dengan fungsi yang sama perbedaannya terletak pada GPIO pin yang disediakan. Peran serta modul ini adalah untuk menerima perintah dari luar dan menyampaikannya ke Arduino.

5. LM 35

Sensor suhu LM35 merupakan komponen elektronik dalam bentuk chip IC dengan 3 kaki (3 pin) yang berfungsi untuk mengubah besaran fisis, berupa suhu atau temperature sekitar sensor menjadi besaran elektris dalam bentuk perubahan tegangan. Sensor suhu LM35 memiliki parameter bahwa setiap kenaikan 1 ºC tegangan keluarannya naik sebesar 10 mV dengan batas maksimal keluaran sensor adalah 1,5 V pada suhu 150 °C. modul ini berperan sebagai modul tambahan dalam system untuk mmengukur suhu lingkungan

6. LDR

LDR adalah jenis Resistor yang nilai hambatan atau nilai resistansinya tergantung pada intensitas cahaya yang diterimanya. Nilai Hambatan LDR akan menurun pada saat cahaya terang dan nilai Hambatannya akan menjadi tinggi jika dalam kondisi gelap. Modul ini juga merupakan modul tambahan pada system unttuk mendeteksi intensitas cahaya. Sehingga kita akan bisa membedakan siang, malam, mendung, dll.

7. LED

LED adalah komponen elektronika yang dapat memancar-kan  cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju. LED me-rupakan keluarga Dioda yang terbuat dari bahan semikonduktor. Warna-warna Cahaya yang dipancarkan oleh LED tergantung pada jenis bahan semikonduktor yang dipergunakannya. LED disini digunakan sebagai indicator perintah dan kondisi lingkungan (cuaca / waktu siang - malam). Pada saat perintah untuk menyalakan masuk / kondisi lingkungan gelap maka akan langsung menyalakan LED

8. Kabel jumper

Kabel jumper adalah kabel - kabel ukuran kecil yang digunakan sebagai penghubung komponen. Proyek ini tidak akan sampai pada PCB hanya sampai pada protoboard

9. Protoboard mini

Protoboard adalah board yang digunakan untuk membuat rangkaian elektronik sementara dengan tujuan uji coba atau prototipe tanpa harus menyolder. Protoboard akan digunakan untuk memasang rangkaian.

10 Packaging

Packaging atau pembungkus adalah bagian luar yang akan digunakan untuk membungkus alat seperti kotak, lakban, cat, dll.

11. Motor Servo

Motor servo adalah sebuah perangkat atau aktuator putar (motor) yang dirancang dengan sistem kontrol umpan balik loop tertutup (servo), sehingga dapat di set-up atau di atur untuk menentukan dan memastikan posisi sudut dari poros output motor. Motor servo digunakan untuk memutar Smart CC kekiri dan kekanan.

Harga

No

Nama Barang

Harga (Rp)

No

Nama Barang

Harga (Rp)

1

Arduino Uno

120.000

7

Jumper

20.000

2

Smartphone

500.000

8

Motor Servo

123.000

3

Powerbank

100.000

9

protoboard mini

20.000

4

ESP 8266

60.000

10

LED

1.000

5

LM 35

5.000

11

Packaging

50.000

6

LDR

1.000

 

 

 

Jumlah Biaya

1.000.000


Leave a Comment:

Please Sign in First