Roboload : Robot pembawa beban dengan kendali GPS



Posted on November 30, 2015 at 4:19 PM


Roboload merupakan robot pembawa beban yang dapat berjalan sesuai dengan lokasi yang dituju pada web browser yang terhubung ke robot menggunakan koneksi internet




Roboload merupakan robot pembawa beban yang dapat berjalan sesuai dengan lokasi yang dituju pada web browser yang terhubung ke robot menggunakan koneksi internet. Robot ini juga dilengkapi dengan sensor LiDAR dan kamera yang berfungsi untuk menghindari objek yang menghalangi di depannya atau berhenti saat lampu merah dan berjalan saat lampu hijau. 

Banyak studi yang diperlukan untuk membangun Roboload ini , diantaranya : pengolahan gambar, pengolahan sinyal deteksi jarak (LiDAR), Kontrol motor sesuai dengan informasi yang di dapat dari titik kordinat pada GPS, Teknik fusion, kecerdasan buatan, dll. Dengan menggunakan teknik fusion maka penentuan lokasi akan lebih akurat di bandingkan hanya mengandalkan GPS. 

Sebagai inovasi yang menggunakan unsur teknologi (IoT) maka implementasi dari Roboload ini sangat luas seperti delivery makanan untuk usaha makanan cepat saji, jasa antar jemput laundry, patroli keamanan lingkungan, atau hanya sekedar merekam video di jalan. 

Berikut adalah beberapa komponen utama yang dibutuhkan untuk membuat robot ini.

Hardware :

- Raspberry Pi 2

- Arduino UNO

- Motor Controller

- 4 Buah Motor DC 24 Volt

- Modul GPS 

- Sensor Kompas

- Modul 3G

- Sensor LiDAR (Light Detection And Ranging)

- Kamera Raspberry Pi

- Kerangka Robot ( Meliputi Ban , Kerangka, Body, dll)

 

Software :

- Python

- Arduino IDE

- OpenCV

- Matlab

- Web Browser

- Weaved

 

Dengan spesifikasi yang disebutkan diatas, maka di butuhkan biaya yang cukup besar bagi seorang developer. Pencapaian utama dari proyek ini adalah untuk menciptakan tren IoT di Indonesia pada tahun 2016.

 


Leave a Comment:

Please Sign in First