Fire Galileo



Posted on August 14, 2016 at 5:49 PM

Membuat alat pendeteksi Kebakaran yang langsung terkoneksi ke Instansi terkait serta warga yang memasang Apps nya




Kemajuan teknologi saat ini telah jauh berkembang pesat dibanding sebelumnnya. Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi memudahkan kita dalam proses pembelajaran maupun pengumpulan informasi yang dibutuhkan dari mana saja, kapan saja dan siapa saja. Peranan IT dalam kehidupan manusia sudah semakin penting. Seiring dengan perkembangan IT, pekerjaan manusia banyak yang telah didukung dengan penggunaan komputer, handphone dan internet.
Internet of Things (IoT) merupakan salah satu pemanfaatan internet untuk membantu kehidupan manusia sehari-hari dengan menggunakan perangkat-perangkat elektronik yang terhubung dengan internet. Beecham Research’s mengemukakan bahwa Internet of Things dibagi menjadi 9 sektor bagian dalam suatu diagram, salah satunya adalah sektor keamanan publik dimana keamanan ini meliputi pelayanan darurat untuk polisi, pemadam atau ambulans, keamanan infrastruktur publik yang berkaitan dengan bencana seperti banjir atau kebakaran.
Kebakaran merupakan salah satu bencana yang cukup sering terjadi di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana dari tahun 2010 sampai dengan 2016 ini, 9,9% bencana di Indonesia disebabkan kebakaran,dengan jumlah korban luka-luka mencapai 3,3% dan kerugian materiil yang bernilai milyaran rupiah. Kebakaran tersebut dapat terjadi secara tidak sengaja maupun yang disengaja.
Untuk mengatasi masalah ini, sudah banyak solusi-solusi yang telah dilakukan. Contohnya adalah alarm kebakaran yang dipasang di atap ruangan. Melalui sensor yang terpasang pada alat, alarm akan mendeteksi bila ada api atau asap. Kemudian akan memberikan sinyal peringatan tanda terjadinya kebakaran. Namun alarm ini hanya dapat memberikan peringatan berupa suara alarm, dan hanya berguna jika ada yang berada dalam jangkauan untuk mendengar suara alarm tersebut.
Keterlambatan penyampaian informasi kepada pihak-pihak berwajib seperti pemadam kebakaran dan paramedis terlambat untuk bertindak, sehingga menyebabkan api dapat menyebar dan membesar sehingga sulit untuk dikendalikan. Tidak hanya keterlambatan penyampaian informasi saja yang menyebabkan api sulit dikendalaikan tetapi juga terhambatnya pemadam kebakaran menuju lokasi kejadian dikarenakan banyaknya lampu lalu lintas yang ada dijalanan. Keberadaan lampu lalu lintas sangat dibutuhkan untuk mengatur keteraturan jalannya lalu lintas, namun tidak dipungkiri disaat-saat yang genting itu akan menghambat evakuasi yang akan dilakukan, misalnya evakuasi yang akan dilakukan oleh pemadam kebakaran dan paramedis.
Maka dari itu, kami mengembangkan Sistem Deteksi Kebakaran yang dapat memberikan notifikasi langsung kepada pemadam kebakaran, paramedic, dan juga warga setempat agar dapat segera melakukan evakuasi dan menangani kebakaran itu sedini mungkin untuk meminimalisir korban jiwa dan juga kerugian yang ditimbulkan. Disamping itu, kami juga mengembangkan Implementasi Intel Galileo pada lampu lalu lintas dan mobil
3
pemadam kebakaran, agar setiap mobil pemadam kebakaran yang harus segera mengevakuasi kebakaran akan mendekati lampu lalu lintas, maka lampu akan otomatis berubah menjadi hijau. Hal ini dapat mempercepat pemadam sampai ke lokasi kebakaran.


Leave a Comment:

Please Sign in First

 Bandar Lampung