Tanamaku



Posted on November 12, 2015 at 10:45 AM

Tanamaku adalah sebuah game menanam, dimana pengguna akan menanam sebuah tanaman secara REAL. Di sepanjang permainan, pengguna akan mendapat bimbingan dalam merawat tanaman tersebut, yang berupa notifikasi seperti kapan harus menyiram, memberi pencahayaan, mengurangi pencahayaan, memberi nutrisi, dan lain sebagainya. Perbedaannya dengan menanam biasa adalah, beberapa fungsi seperti penyiraman, pemantauan langsung dan pencahayaan dapat dilakukan dari jarak jauh melalui komunikasi internet dari apps Tanamaku. Dengan begitu. pemeliharaan tanaman tidak akan mengganggu kesibukan anda di kantor. Interaksi langsung pengguna dengan tanamannya tetap ada di beberapa aksi lain seperti memberi penyangga, tirai, memindahkan posisi tanaman, dan lain sebagainya. Semua interaksi user dengan tanamannya disesuaikan dengan growing conditions dari tanaman tersebut.



Latar Belakang

Aktivitas masyarakat terutama di daerah perkotaan begitu tinggi terutama dikarenakan mereka dituntut untuk dapat produktif setiap waktunya. Masyarakat pada umumnya bekerja 8 jam sehari atau pun lebih. Hal tersebut membuat masyarakat enggan untuk memiliki hobi yang menyita banyak waktu dan tenaga, seperti berkebun.

Seperti yang kita ketahui, udara di perkotaan tidak sebaik udara di perdesaan. Namun usaha masyarakat untuk menumbuhkan lingkungan yang sehat cendrung dikalahkan dengan kesibukan yang lain. Masyarakat masih menganggap menciptakan ruang hijau di rumah membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Memang untuk merawat dan memelihara tanaman tidaklah mudah, dibutuhkan komitmen serta teknik untuk dapat menumbuhkan tanaman, akan tetapi hal tersebut tetap dapat dilakukan. Dengan menggunakan teknologi yang ada, kami ingin membantu masyarakat dalam menanam tanaman, dengan cara yang menyenangkan, dengan sebuah game berbasis internet of things (IoT) untuk membantu pemeliharaan dan pemantauan tanaman rumah dari jarak jauh.

Tujuan

Tujuan dari Tanamaku adalah :

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengembangkan lingkungan yang sehat, dalam bentuk permainan.
  2. Memudahkan pengguna dalam mememelihara tanaman di tempat tinggalnya.

Deskripsi

Tanamaku merupakan sistem IoT yang terdiri dari dua komponen besar yaitu hardware dan software. Sistem ini bermaksud untuk membantu pengguna untuk dapat memelihara dan memantau tanaman rumah dengan berbagai fungsi yang ada secara online, yang dibalut dalam bentuk sebuah permainan.

Bagian hardware terdiri dari sensor kamera, sensor kelembaban, dan alat penyiram. Sensor kamera digunakan untuk merekam gambar tanaman dari bagian atas sehingga pengguna dapat tahu perkembangan tanaman yang sebenarnya. Sensor kelembaban digunakan untuk mengetahui kelembaban medium tanah yang digunakan, sensor ini yang akan menjadi input untuk alat penyiram. Alat penyiram otomatis ini akan digerakan dengan servo dengan sumber air dari keran terdekat atau alat penampung air.

Bagian software berupa sebuah permainan, dimana pengguna dapat memilih satu dari 2 jenis tanaman yang telah disediakan, yaitu Sansevieria untuk yang mudah, dan Gerber Daisy dengan tingkat kesulitan sulit. Di sepanjang permainan, pengguna akan mendapat bimbingan dalam merawat tanaman tersebut, seperti kapan harus menyiram, memberi pencahayaan, mengurangi pencahayaan, memberi nutrisi, dan lain sebagainya. Beberapa fungsi seperti penyiraman dan pencahayaan dapat dilakukan dari jarak jauh melalui komunikasi internet, dengan tetap menjaga interaksi langsung pengguna dengan tanamannya di beberapa aksi lain seperti memberi penyangga, tirai, memindahkan posisi tanaman, dan lain sebagainya.

Semua interaksi user dengan tanamannya disesuaikan dengan growing conditions dari tanaman tersebut.

Notifikasi

Aksi

Sumber Informasi

Keterangan

“aku butuh kehangatan”

mematikan lampu

Sensor suhu

Dapat dikendalikan melalui apps

“Dingin~”

Menyalakan lampu

Sensor suhu

Dapat dikendalikan melalui apps

“Hayati haus”

Menyiram tanaman

Sensor kelembapan

Dapat dikendalikan melalui apps

“Silauu”

Memberi shade

Kamera

Interaksi langsung

“Aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi”

Memberi penyangga batang

Kamera / saat tanaman tumbuh

Interaksi langsung

Metodologi Pengerjaan

Alat dan Bahan

  • Satu set Arduino Uno
  • ESP8266
  • Kabel Jumper
  • Servo
  • Modul Kamera
  • Sensor Kelembaban
  • Satu set pot beserta tanaman
  • Akrilik

Jadwal

 

Task List

Minggu ke 1

Minggu ke 2

Minggu ke 3

Pembelian komponen

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan rangkaian

 

x

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uji coba rangkaian

 

 

 

x

x

x

x

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembuatan applikasi

x

x

x

x

x

x

x

x

x

 

 

 

 

 

 

Integrasi dan uji coba

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

x

x

x

x

x

Budget

Komponen

Harga

Arduino Uno

200.000

ESP8266

100.000

Motor Servo

120.000

Sensor Kelembapan

150.000

Sensor Suhu

100.000

Kamera

200.000

Akrilik

400.000

Prototype

Berikut contoh tampilan aplikasi Tanamaku,

Contoh spesifikasi yanaman yang dapat ditanam yaitu,

Sansivera
Difficulties : Easy

15 – 30 0C

Indoor Plant

Indirect Sunlight (Low to Bright)

Humidity > 0 (Moderately Dry)

Gerber Daisy
Difficulties : Hard

< 21 0C

Indoor Plant

Indirect Sunlight (Moderately Bright)

Humidity > 0 (Moderately Dry)

Perkiraan alat :

Developer :

Admira Nuradzhani ; Eri Anshori ; Richard Dharmadi


Leave a Comment:

Please Sign in First