STM IT (Septic Tank Monitoring Internet of Things)



Posted on May 03, 2016 at 6:05 AM

STM IT adalah suatu alat untuk memonitoring septic tank secara real time dan terhubung dengan internet.




STM IT : SEPTIC TANK MONITORING INTERNET OF THINGS (IoT)

Septic tank adalah bak untuk menampung air limbah yang dialirkan dari WC(water closet). Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada septic tank, yaitu septic tank penuh yang akan menyebarkan bau yang tidak sedap disekitar lingkungan rumah anda. Berikut beberapa masalah yang sering terjadi pada septic tank:

-Septic tank tersumbat

-Septic tank penuh

-Septic tank digunakan untuk membuang sampah

Beberapa permasalahan yang berkaitan dengan septic tank dapat diatasi oleh jasa sedot wc. Dan salah satu cara untuk mengetahui keadaan septic tank adalahah dengan teknologi pengukuran jarak jauh atau biasa disebut dengan telemetri yang terintegrasidengan koneksi internet sehingga sensor dapat dipantau atau dikendalikan melalui internet atau yang dikenal dengan istilah Internet of Things (IoT).

Atas dasar pemikiran ini kami mencoba mengembangkan sebuah alat yang mampu memantau septic tank secara jarak jauh dengan bantuan koneksi internet yang kami beri nama STM IT. Untuk mempermudah dalam memonitor septic tank sehingga apabila septic tank penuh maka jasa sedot wc dapat mengetahui dan menanggulanginya.

Tujuan dari pembuatan sistem ini adalah:

-Membuat sebuah sistem monitoring septic tank menginformasikan kondisi secara real time septic tank berbasis internet of things

-Membuat STM IT dapat menginformasikan apakah septic tank yang dimonitoring penuh atau tidak

-Membuat sebuah sistem akuisisi data secara real time sehingga antara pemilik septic tank dan jasa sedot wc dapat mengetahui keadaan septic tank.

STM IT sangat bermanfaat untuk meminimalisir septic tank yang bau dikarenakan septic tank tersebut penuh. Sistem STM IT ini menggunakan Internet of Things (IoT) maka seorang operator dapat mengecek septic tanknya dengan koneksi internet dimana pun dan kapan pun jasa sedot wc juga dapat mengetahui letak keadaan septic tank tersebut.

Batasan-batasan dari system embedded ini untuk menginformasikan data septic tank melalui internet. Untuk menunjang batasan tersebut penulis menggunakan alat sebagai berikut:

-Menggunakan bahasa C

-Menggunakan Arduino Uno

-Sensor DHT11 untuk mengukur suhu dan kelembapan

-Sensor ultrasonik untuk mengukur ketinggian dan mendeteksi keamblasan septic tank

-Sensor gas untuk mengukur kadar gas pada septic tank

-Liquid flow sensor untuk mengukur volume septic tank

-ESP8266 untuk menghubungkan peralatan mikrokontroler ke internet

Secara keseluruhan sistem dari alat yang dirancang adalah sensor-sensor diletakkan di bagian-bagian tertentu pada septic tank yang terhubung dengan rangkaian elektronik di tempat yang mudah dioperasikan oleh operator dengan memanfaatkan sistem pengawasan berbasis internet.

Liquid flow meter berfungsi untuk mengukur debit aliran yang masuk ke septic tank, flow meter tersebut secara otomatis mengukur debit aliran yang masuk septic tank dan flow meter tersebut diletakkan di input masukkan septic tank.

Sensor ultrasonik digunakan untuk mengukur ketinggian septic tank, dengan ultrasonik selain untuk mengukur ketinggian juga untuk mendeteksi septic tank yang amblas.

Sensor DHT11 berfungsi untuk mengukur suhu dan kelembapan di dalam septic tank sehingga operator dapat mengetahui keadaan suhu dan kelembapan pada septic tank.

Sensor gas berfungsi untuk mengukur kadar gas metana pada dalam septic tank karena gas metana adalah gas yang mudah terbakar, gas tersebut dihasilkan dari isi septic tank, sensor gas untuk mengukur berapa banyak kadar gas metana.

Setelah data diolah di Arduino maka ESP8266 berfungsi untuk menghubungkan peralatan mikrokontroler ke internet, jadi data yang diolah di arduino dapat dikirim ke internet karena peralatan mikrokontroler terhubung dengan internet sehingga memudahkan jasa sedot wc untuk mengetahui septic tank mana yang penuh sehingga dilakukan penyedot agar septic tank tidak meluap.

 


Leave a Comment:

Please Sign in First