Smart SOS System (SSS)



Posted on November 30, 2015 at 4:52 PM


Penulis berinisiatif untuk membuat sebuah sistem yang mampu menyampaikan kondisi bahaya pengemudi kepada orang terdekat dan pihak berwenang yang bersangkutan. Sistem ini penulis sebut Smart SOS System (SSS). SSS terhimpun dari 6 komponen utama, yaitu mikrokontroler Arduino sebagai otak pengolah informasi, sensor guncangan untuk indikator kecelakaan, button untuk meminta bantuan, GPS shield sebagai penentu lokasi kendaraan, GSM shield untuk mengirim pesan SOS via SMS dan ISP untuk mengirim SOS via internet. Cara kerja sistem ini adalah memberikan pesan kepada orang terdekat dan pihak berwajib saat pengemudi mengalami masalah. Seperti saat pengemudi merasa ada yang mengikuti (orang yang diduga begal) maka pengemudi cukup menekan tombol kemudian sistem akan langsung mengirimkan pesan lokasi pengemudi dan pesan permintaan pertolongan kepada pihak kepolisian dan keluarga. Masalah lain, ketika pengemudi mengalami kecelakaan pada malam hari yang sepi maka sistem yang terpasang akan mengirimkan pesan ke pihak medis dan keluarga tentang kondisi pengemudi dan lokasinya. Selain itu sistem ini dapat mengirimkan sinyal lokasi keberadaannya apabila pengemudi mengirimkan perintah. Hal ini dapat dimanfaatkan mencari lokasi kendaraan ketika pengemudi lupa dimana memparkirkan kendaraannya, atau saat kendaraannya dipinjam atau bahkan saat kendaraan tersebut dicuri.



Smart SOS System (SSS)

Pulang di malam hari merupakan hal yang cukup menakutkan. Hal ini karena besarnya tingkat kecelakaan pada waktu malam yang diakibatkan fisik yang sudah lelah dan jalanan yang gelap juga sepi. Kecelakaan seperti masuk parit,  terjatuh, hingga tabrakan yang mengakibatkan kematian sering terjadi di malam hari. Selain kemungkinan kecelakaan yang tinggi, tingkat kriminalitas di malam hari juga menghawatiran, banyak modus dilakukan di waktu malam. Mulai dari pura pura ditabrak, menjerat tali dari ujung jalan, hingga yang terbaru adalah kasus begal motor yang meresahkan. Di daerah Surabaya saja, tercatat 27.457 kasus Begal ditangani Polda Jawa Timur pada 2014 dan 2015 (national.tempo.co : Polisi Kembalikan Kendaraan yang Dirampas Begal), belum lagi didaerah lainnya. Namun, meskipun pulang malam sangat berbahaya, banyak diantara kita yang terpaksa melakukannya karena tuntutan pekerjaan, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penulis berinisiatif untuk membuat sebuah sistem yang mampu menyampaikan kondisi bahaya pengemudi kepada orang terdekat dan pihak berwenang yang bersangkutan. Sistem ini penulis sebut Smart SOS System (SSS). SSS terhimpun dari 6 komponen utama, yaitu mikrokontroler Arduino sebagai otak pengolah informasi, sensor guncangan untuk indikator kecelakaan, button untuk meminta bantuan, GPS shield sebagai penentu lokasi kendaraan,  GSM shield untuk mengirim pesan SOS via SMS dan ISP untuk mengirim SOS via internet. Cara kerja sistem ini adalah memberikan pesan kepada orang terdekat dan pihak berwajib saat pengemudi mengalami masalah. Seperti saat pengemudi merasa ada yang mengikuti (orang yang diduga begal) maka pengemudi cukup menekan tombol kemudian sistem akan langsung mengirimkan pesan lokasi pengemudi dan pesan permintaan pertolongan kepada pihak kepolisian dan keluarga. Masalah lain,  ketika pengemudi mengalami kecelakaan pada malam hari yang sepi maka sistem yang terpasang akan mengirimkan pesan ke pihak medis dan keluarga tentang kondisi pengemudi dan lokasinya. Selain itu sistem ini dapat mengirimkan sinyal lokasi keberadaannya apabila pengemudi mengirimkan perintah. Hal ini dapat dimanfaatkan mencari lokasi kendaraan ketika pengemudi lupa dimana memparkirkan kendaraannya, atau saat kendaraannya dipinjam atau bahkan saat kendaraan tersebut dicuri.

 

Kompone yang dibutuhkan :

  1. mikrokotroler Arduino;
  2. sensor guncangan;
  3. button;
  4. GPS shield;
  5. GSM shield;
  6. ISP.

Ide : Nur Fadlilah dan Ahmad Sahro 

Contact Person : Nur Fadlilah (nurfadlilah.dila@gmail.com) dan Ahmad Sahro (ahmadsahro@gmail.com)


Leave a Comment:

Please Sign in First