Smart Posyandu II



Posted on May 05, 2016 at 11:30 PM

Smart Posyandu adalah suatu perangkat IoT yang berfungsi u/ mempermudah pendataan pada Posyandu, para ibu u/ mengetahui riwayat kesehatan balitanya,serta masyarakat/dinas untuk memperoleh informasi mengenai kondisi kesehatan balita pada suatu wilayah




Latar Belakang

Posyandu (Pos pelayanan terpadu) adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. (Departemen Kesehatan RI. 2006).  Pada implementasinya, kegiatan posyandu diadakan pada sekretariat posyandu/rukun warga sekitar.  Kegiatan yang biasa dilakukan di posyandu adalah pelayanan pemantauan balita, imunisasi dan pelayanan kesehatan lainnya.

Setiap bulan pada tanggal 27, para ibu dan balitanya berbondong-bondong mendatangi posyandu terdekat untuk memeriksakan kondisi balitanya. Pada pemeriksaan tersebut, ada beberapa parameter data yang diambil dan disimpan untuk keperluan pendataan/monitoring seperti berat badan, tinggi badan, riwayat penyakit, dan lain-lain.

Namun seringkali, data-data yang sangat penting tersebut kurang mendapat perhatian yang cukup sehingga pemindahan data dari petugas pencatatan ke dinas pendataan memakan waktu lama, dan karena penulisan data yang dilakukan oleh petugas masih dilakukan secara manual (with pencil and paper) maka seringkali terdapat kesalahan input ataupun missing data. Selain itu, penting bagi para ibu untuk mengetahui riwayat kesehatan dari balitanya pada setiap pemeriksaan, agar pada setiap pemeriksaan selanjutnya petugas dapat mengetahui treatment apa yang dapat diberikan kepada balita tersebut.

Di sisi lain, kebenaran dan kelengkapan data teresebut sangatlah diperlukan agar penarikan informasi dari data tersebut dapat menghasilkan data yang tepat dan akurat. Proses yang dilakukan selama ini yaitu dengan pencil and paper dapat memakan waktu yang cukup lama, sehingga pada saat proses  penarikan informasi dilakukan, informasi yang diambil telah usang/kadaluwarsa dan sudah kurang relevan lagi.

Oleh karena itu, kami menawarkan sebuah solusi berupa sebuah alat yang didasarkan pada konsep IoT. Alat tersebut bernama Smart Posyandu. Diharapkan dengan adanya alat ini, permasalahan-permasalahan diatas dapat diatasi dengan baik.

 

PROJECT OVERVIEW

  • Identitas Peserta : Edwin Aditya Rahman, Ryorda Triaptahadi, Aulia Astrico
  • Judul Proyek : Smart Posyandu
  • Tujuan Proyek :
    • Mempermudah petugas pendataan untuk melakukan pencatatan data secara tepat dan efisien

    • Mempercepat pendistribusian data dari petugas pendataan ke dinas terkait

    • Membantu para ibu dan petugas untuk mengetahui riwayat kondisi/penyakit dari balita yang akan diperiksa

    • Mempermudah penarikan informasi melalui pengolahan data dan penyediaan informasi statistikal yang akan ditampilkan di dalam web.

    • Mempermudah dinas terkait untuk mengambil keputusan terkait dengan kondisi balita pada suatu daerah dengan penyajian informasi statistikal dan informasi terkait lainnya.

    • Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari.

  • Alat dan Biaya Pengerjaan : 
    • No

      Nama

      Harga

      1

      ESP8266

      Rp 75.000,-

      2

      Ultrasonic Sensor

      Rp 18.000,-

      3

      Load Cell 50 Kg

      Rp 70.000,-

      4

      RFID Pack

      Rp 70.000,-

      5

      Jumper + Breadboard

      Rp 30.000,-

      6

      Arduino LCD + Keypad Shield

      Rp 120.000,-

      7

      Arduino Uno

      Rp 110.000,-

       

      Total

      Rp 500.000,-

  • Rancangan Arsitektur


Leave a Comment:

Please Sign in First