Smart Connected Pot (Scopot)



Posted on November 09, 2015 at 3:51 AM

Sebuah pot tanaman pintar yang terkoneksi dengan internet. Smart Connected Pot (Scopot) adalah sebuah solusi project untuk masyarakat Urban yang mempunyai hobi bercocok tanam/berkebun namun mempunyai waktu yang sedikit untuk merawatnya. Scopot akan memberikan real time report mengenai kondisi tanah, air, cahaya, dan gizi dari tanaman langsung ke perangkat smart device yang dimiliki oleh hampir setiap warga Indonesia.



Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat kesuburan tanah yang tinggi, bahkan ada yang bilang kalau tanah Indonesia adalah Tanah Surga karena dengan mudahnya tanaman berkembang di tanah Indonesia. Hal tersebut menjadikan bidang pertanian menjadi salah satu lapangan pekerjaan favorit warga Indonesia.

Saat ini masyarakat Indonesia masih menggunakan cara tradisional dalam bertani atau berkebun dimana setiap pengawasan terhadap tumbuh kembang tanaman dilakukan secara manual dan memakan banyak waktu. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan oleh masyarakat urban. Masyarakat urban yang mempunyai hobi berkebun tentu tidak akan punya banyak waktu mengawasi tanaman mereka dikarenakan kesibukan mereka bekerja di perkotaan. Tanaman butuh perawatan agar bisa tumbuh dengan sempurna dan setiap pertumbuhan tesebut harus diawasi dengan teliti untuk memberikan kadar makanan dan minuman yang cukup bagi tanaman.

Smart Connected Pot (Scopot) adalah sebuah solusi project untuk masyarakat Urban yang mempunyai hobi bercocok tanam/berkebun namun mempunyai waktu yang sedikit untuk merawatnya. Scopot akan memberikan real time report mengenai kondisi tanah, air, cahaya, dan gizi dari tanaman langsung ke perangkat smart device yang dimiliki oleh hampir setiap warga Indonesia. Dengan menggunakan Sensor-sensor yang disambungkan pada esp8266 akan memberikan data dalam bentuk angka yang kemudian data tersebut bisa dilanjutkan ke Geeknesia platform untuk dapat diawasi secara mobile. Berdasarkan data tersebut dapat dilakukan tindakan lanjut untuk menjaga tumbuh kembang tanaman.

Scopot memiliki  fisik layak seperti pot tanaman biasa namun didalamnya sudah terdapat beberapa komponen pendukung untuk dapat terkoneksi dengan geeknesia.


Untuk membuat Scopot dibutuhkan:

  • 1 pot berbahan acrilic atau plastic
  • 1 esp8266
  • 1 sensor kelembaban tanah
  • 1 sensor cahaya (LDR)
  • 1 Bread board
  • 20 Kabel Jumper
  • 1 Power Bank
  • 1 Pompa Aquarium

Scopot tidak hanya akan memberikan laporan secara real time melalui geeknesia. Namun scopot juga bisa mengendalikan kadar air yang dibutuhkan oleh tanaman melalui mobile device.

Jadwal Pengerjaan:

  1. 16-19 November : Pembuatan Pot berbahan dasar Akrilik
  2. 20-21 November : Pembelian Komponen
  3. 21-25 November : Pembuatan board baru dengan penggabungan semua komponen (Hardware)
  4. 25-29 November : Pembuatan Coding untuk dapat terkoneksi dengan Geeknesia (Software)

Blok Diagram Projek yang akan dibuat:

 


Leave a Comment:

Please Sign in First