Sistem Peningkatan dan Pengawasan Kualitas Tidur



Posted on April 24, 2016 at 10:28 AM


Sistem ini dirancang untuk masyarakat agar memiliki kualitas tidur yang baik sehingga dapat menghindari berbagai macam pernyakit yang disebabkan tidur yang kurang berkualitas. Sistem ini juga sebagai pengawas dari tingkat kesehatan pengguna.




PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG IDE

            Tidur memiliki peran penting yang bermanfaat dalam hal kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia. Selain karena manusia perlu beristirahat, tidur memiliki beberapa manfaat antara lain membantu otak berfungsi dengan baik, mengontrol emosi dari manusia, penyembuhan, perbaikan jantung dan pembuluh darah, peningkatan konsentrasi dan kehati-hatian terhadap sesuatu. Hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan semua manfaat tersebut adalah kualitas tidur.

            Tidur yang berkualitas sangat diperlukan oleh manusia. Pada kenyataannya, masyarakat sekarang sangat sulit untuk mendapatkannya. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, antara lain kondisi klinis yang dialaminya, suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin, suara bising, cahaya yang terlalu terang, serta ukuran tempat tidur (Potter & Perry, 2005). Hal tersebut dapat menyebabkan beberapa dampak negatif, yaitu meningkatkan risiko penyakit hipertensi, stroke, penyakit Alzheimer, meningkatkan kerusakan pada kulit dan penuaan dini, mudah terangsang dan gelisah, lesu dan apatis, kehitaman di sekitar mata, kelopak mata bengkak, konjungtiva merah, mata perih, perhatian terpecah-pecah, sakit kepala dan sering menguap atau mengantuk (Hidayat, 2006).

            Teknologi semakin berkembang di masa sekarang ini. Oleh karena itu, penulis berinisiatif untuk membuat sebuah teknologi dengan menggunakan konsep IoT (Internet of Things) untuk meningkatkan dan melakukan pengawasan terhadap kesehatan dan kualitas tidur manusia. Sistem ini ditujukan kepada pengawas dan pemerintah. Pengawas dapat mengetahui dan mengawasi kesehatan dan kualitas tidur dari si pengguna. Pemerintah dapat memperoleh data akurat dari kesehatan dan kualitas tidur masyarakat yang kemudian dapat dijadikan bahan untuk penelitian dan perbaikan terhadap sistem peningkatan mutu masyarakat.  Sistem tersebut berjudul “Sistem Peningkatan dan Pengawasan Kualitas Tidur Manusia untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Hidup”.

1.2 TUJUAN KEGIATAN

            Membuat sebuah karya yang terbentuk dari Arduino Promini yang diintegrasikan dengan ESP8266 dan Raspberry. Hal tersebut bertujuan peningkatan kesehatan dan pengawasan terhadap pengguna sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap pengguna, pengawas, maupun Pemerintah dari data yang secara real-time dikirimkan.

 

PENJELASAN PROYEK

2.1 NAMA ALAT

            Nama alat yang akan penulis buat adalah :

Sistem Peningkatan dan Pengawasan Kualitas Tidur Manusia untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Hidup

2.2 KEGUNAAN ALAT

            Sistem Peningkatan dan Pengawasan Kualitas Tidur Manusia untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Hidup merupakan sistem yang dirancang untuk masyarakat agar memiliki kualitas tidur yang baik sehingga dapat menghindari berbagai macam pernyakit yang disebabkan tidur yang kurang berkualitas. Sistem ini juga sebagai pengawas tingkat kesehatan dari pengguna dilihat dari beberapa faktor. Sistem ini dapat memberikan peringatan kepada pengawas ketika pengguna dalam keadaan yang tidak sehat melalui aplikasi Android. Sistem ini juga dapat membantu Pemerintah dalam mengawasi kesehatan masyarakat secara menyeluruh dalam 1 tempat melalui web.

2.3. METODOLOGI

 

            Modul – modul yang harus disiapkan dalam pembuatan Sistem Peningkatan dan Pengawasan Kualitas Tidur Manusia untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Hidup, antara lain:

 

  1. ESP8266
  2. Arduino Promini
  3. Raspberry Pi 2
  4. Web Server
  5. Sensor GSR
  6. Sensor Pulse
  7. DHT-11
  8. Music Shield

           

            Metodologi Pembuatan Sistem Peningkatan dan Pengawasan Kualitas Tidur Manusia untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Hidup adalah sebagai berikut:

 

Penjelasan diagram blok:

            Galvanic skin response (GSR) digunakan untuk mengukur keadaan emosional pengguna ketika sedang tidur. Sensor Pulse digunakan untuk mengetahui denyut jantung dari pengguna. Sensor DHT digunakan untuk mengukur suhu ruangan tempat pengguna tidur. Ketiga komponen tersebut merupakan nilai masukan yang akan diproses dalam Arduino promini 3,3v. Alasan memilih promini tipe ini adalah untuk efesiensi batrai sehingga lebih hemat. Sumber tenaga dari promini ini adalah dengan masukan dari batrai lipo 3,7 v yang di charge secara wireless. Semua komponen itu disatukan dalam sebuah sarung tangan yang nantinya digunakan pengguna ketika tidur.

            Semua nilai tersebut akan dikirimkan menggunakan modul ESP8266 secara wireless dan diterima oleh wifi dongle dari Raspberry Pi. Kemudian akan diteruskan ke modul ESP8266. Data yang diterima akan diproses oleh Arduino promini 5v. Arduino Promini pertama akan megolah nilai dari ketiga masukan tadi menjadi keredupan yang sesuai dengan keadaan pengguna ketika tidur dengan rangkaian SCR. Arduino Promini kedua akan megolah nilai dari ketiga masukan tadi untuk memutarkan musik yang sesuai untuk pengguna. Arduino Promini ketiga akan megolah nilai dari ketiga masukan tadi untuk mengatur suhu ruangan dengan kontrol otomatis dari remote yang sudah diambil rangkaian dalamnya. Semua itu dilakukan agar pengguna mendapatkan kualitas tidur yang baik.

            Pengiriman data pada sistem ini menggunakan protokol MQTT. Masukan dari sistem ini bertindak sebagai publisher. Keluaran dari sistem ini bertindak sebagai subscribe. Raspberry Pi bertindak sebagai broker. Data dari Raspberry Pi ini yang akan dikirimkan ke aplikasi Android pengawas agar tahu bagaimana kondisi tidur dan kesehatan dari pengguna. Data juga akan dikirimkan ke web Pemerintah untuk data hasil dari kesehatan masyarakat dalam 1 kota maupun 1 negara.

2.4 ANGGOTA

WILDAN MAULANA SYAHIDILLAH        : PROJECT MANAGER DAN DESIGNER

HENDRA DANU LAKSANA                    : MEKANIK DAN PROGRAMMER

NOVIA ULFA NURAINI                          : ADMINISTRATION DAN ELEKTRONIKA 

 

RANCANGAN ANGGARAN

3.1 RENCANA PENGELUARAN

BIDANG

BANYAK

SATUAN

HARGA

TOTAL

ESP8266

4

modul

Rp45,000.00

Rp180,000.00

Modem

1

buah

Rp200,000.00

Rp200,000.00

Arduino Promini 3,3 v

1

modul

Rp27,000.00

Rp27,000.00

Arduino Promini 5 v

3

modul

Rp35,000.00

Rp105,000.00

Music Shield

1

modul

Rp300,000.00

Rp300,000.00

Sensor GSR

1

modul

Rp195,000.00

Rp195,000.00

Sensor Pulse

1

modul

Rp85,000.00

Rp85,000.00

Sensor DHT-11

1

modul

Rp25,000.00

Rp25,000.00

Batrai Lippo 200mah, 3,7 v

1

buah

Rp80,000.00

Rp80,000.00

Raspberry Phi 2

1

modul

Rp450,000.00

Rp450,000.00

TOTAL

 

Rp1,647,000.00

 

PENUTUP

            Demikian  proposal  ini  penulis  susun untuk keperluan IOTIC 2016. Mohon maaf atas segala kekurangan yang terdapat didalamnya. Semoga panitia berkenan untuk bekerja sama dengan kami.

 

 

 

Hormat kami,

KETUA PELAKSANA

       

 

Wildan Maulana Syahidillah


Leave a Comment:

Please Sign in First