OMAWE (Oh My Weight)



Posted on May 05, 2016 at 2:42 PM


Hasil dari pengukuran berat dan tinggi badan, informasi kategori ukuran tubuh (berat badan ideal) serta saran yang akan diberikan kepada pengguna sebagai solusi dari berat badannya akan ditampilkan di smartphone Android.



PENGUKUR BERAT DAN TINGGI BADAN TERINTEGRASI MENGGUNAKAN OMAWE (OH MY WEIGHT)

Yosy Rahmawati1, Akalily Mardhiyya2

1) Program Studi Teknik Elektro Universitas Telkom, Bandung, yossyrachmawatyhamid@gmail.com

2) Program Studi Teknik Elektro Universitas Telkom, Bandung, akalilymardhiyya2@gmail.com

 

            Berat badan merupakan suatu hal yang perlu diketahui oleh setiap orang. Selain penting untuk penampilan, berat badan juga penting diketahui karena dapat menjadi indikasi kesehatan seseorang. Berat badan seseorang sudah melebihi batas normal, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa terdapat masalah pada kesehatan orang tersebut. Begitu pula dengan orang yang berat badannya di bawah batas normal. Pada umumnya, alat timbangan biasa hanya dapat mengetahui berat badannya saja tanpa mengetahui berat badannya ideal atau tidak ideal. Untuk timbangan digital yang dijual dipasaran juga ada yang berfungsi untuk menentukan berat badan ideal atau tidak, tetapi untuk mengukur tinggi badan tidak dapat dilakukan oleh alat tersebut. Terlebih dahulu harus dimasukkan tinggi badan melalui tombol yang tersedia. Setelah berat dan tinggi diketahui maka akan diketahui beratnya ideal atau tidak. Alat tersebut hanya dapat untuk menimbang berat badan dan menentukan berat badan ideal. Rentang ukuran berat badan normal telah ditetapkan oleh WHO yang dilihat dari nilai body mass index (BMI). BMI memiliki empat  kategori, yaitu underweight, normal weight, overweight, dan obesity. 

                        underweight : BMI  < 18.5

                        normal weight : 18.5 ≤ BMI  ≤ 24.99

                        overweight :  BMI ≥ 25

                        obesity :  BMI  ≥ 30

           Untuk memberikan kemudahan kepada orang-orang agar dapat mengetahui  berat badan yang ideal bagi dirinya, maka kami menciptakan sebuah sistem yang berguna untuk menimbang berat badan, mengukur tinggi badan dan menentukan kategori ukuran tubuh berdasarkan metoda BMI. Dalam sistem ini digunakan timbangan digital untuk mengukur berat badan dan gelombang ultrasonik untuk mengukur tinggi badan. Hasil dari pengukuran berat dan tinggi badan, informasi kategori ukuran tubuh (berat badan ideal) serta saran yang akan diberikan kepada pengguna sebagai solusi dari berat badannya akan ditampilkan di smartphone Android. Sistem alat pengukur berat badan dan tinggi badan bertujuan untuk menentukan berat badan, tinggi badan dan menentukan kategori ukuran tubuh. Pengukuran berat badan dilakukan oleh timbangan digital dan pengukuran tinggi badan dilakukan oleh gelombang ultrasonik. Output dari alat timbangan digital dan alat pengukur tinggi ini akan menjadi  data masukan kepada pengendali mikro. Kemudian oleh pengendali mikro data yang diterima akan  diolah datanya dan memberikan data keluaran  untuk ditampilkan melalui smartphone Android. Pengendali mikro pada sistem ini berfungsi sebagai alat pemroses utama yang mengendalikan kerja komponen yang tercakup menjadi suatu sistem secara keseluruhan.

OMAWE (Oh My Weight

            Omawe  (Oh My  Weight)  merupakan  suatu  teknologi  yang  mengintegrasikan  alat  pengukur berat  badan  (timbangan)  digital  dan  pengukur  tinggi  badan  digital  dengan  smartphone. Selain didapat  ukuran  berat  badan  dan  tinggi  badan, Omawe  disertai  dengan  hasil  pengukuran  BMI seseorang  dan  saran  dokter  untuk mendapatkan  nilai  body  mass  index  (BMI)  dengan  kategori normal.  Saran  yang  muncul  berbeda-beda  berdasarkan  kategori  BMI  setiap orang. Saran dapat  berupa  informasi  mengenai  pola  makan  yang  sehat  dan  olahraga  yang  tepat, sesuai dengan  kategori  BMI masing-masing.

Cara kerja Omawe  adalah  sebagai  berikut  :

  1. Menghitung  berat  badan  secara  otomatis  setelah  seseorang  menaiki  timbangan  digital yang  sudah  terintegrasi  dengan  pengukur  tinggi  badan digital.
  2. Menghitung  tinggi  badan secara otomatis  setelah  hasil  berat badan didapatkan.
  3. Mengirim  data pengukuran  berat badan dan  tinggi  badan ke smartphone.
  4. Setelah  data  berat  badan  dan  tinggi  badan  dikirim  ke  smartphone, dihitung  body  mass index  (BMI)  orang  tersebut.
  5. Pada  smartphone  muncul  kategori  BMI  orang  tersebut  berdasarkan  nilai  BMI  yang didapat.
  6. Setelah  itu, muncul  saran  dokter  untuk mendapatkan  nilai  BMI  dengan  kategori normal  berdasarkan  kategori  BMI orang  tersebut.
  7. Menyimpan  nilai  berat  badan, tinggi  badan, nilai  BMI, kategori  BMI  dan  saran  dokter yang  dihasilkan  ke dalam database. Penyimpanan  dapat disertai  dengan  nama  orang tersebut  berserta waktu  saat mengukur.


Leave a Comment:

Please Sign in First