E-HeartBeat



//
Posted on May 05, 2016 at 6:35 AM

//

Kami merancang sebuah sistem kesehatan berbasis IOT. Dengan sistem yang kami namakan E-HeartBeat, dokter atau tenaga medis, dapat memonitor tekanan darah pasien melaui mikrokontroler M212 dan mengirimnya melalui Wi-Fi ESP8266.




E-HeartBeat

Pendeteksi Detak Jantung menggunakan IOT

 

Latar Belakang

Semakin luasnya penggunaan internet dalam berbagai bidang pekerjaan, tentunya dapat pula diterapkan pula teknologi internet untuk membuat sebuah sistem yang akan berkomunikasi melalui internet untuk bidang kesehatan. Oleh karena itu, kami merancang sebuah sistem kesehatan berbasis IOT. Salah satu indikator dalam bidang kesehatan yang penting adalah denyut jantung. Dengan sistemyang kami namakan E-HeartBeat, dokter atau tenaga medis, dapat memonitor tekanan darah pasien melaui mikrokontroler M212 dan mengirimnya melalui Wi-Fi ESP8266. Tenaga medis dapat melihat/memonitor tekanan darah pasien melaui website.

Manfaat

  • Secara kontinyu memonitor tekanan darah pasien di rumah sakit
  • Dapat diaplikasikan untuk memantau tekanan darah pasien yang dirawat dirumah pribadi oleh dokter dari tempat lain

 

Blok Diagram

Kami mengusulkan rancangan alat yang akan dibuat dengan blok diagram yang terlihat diatas. Pada blok diagram ditunjukkan bahwa alat ini terdiri atas beberapa bagian. Sensor yang berada di suatu tempat di tempat tertentu, misalnya panti jompo. Pengendalian yang dilakukan dari mana saja (selama adaakses internet) melalui sebuah halaman web. Sensor untuk mengumpulkan data akan mengirimkan data ke web browser. Sehingga kita dapatmelihat secara langsug dari browser web dengan menggunakan login dan password.

 

Penjelasan Sistem

< >Raspberry PiSering juga disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (Single Board Circuit /SBC) yang memiliki ukuran sebesar kartu kredit. Raspberry Pi bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti spreadsheet, game, aplikasi kesehatan, bahkan bisa digunakan sebagai media player karena kemampuannya dalam memutar video high definition

< >Sensor Detak Jantung M212 

M212 mendeteksi detak jantung manusia. Pada saat detektor detak jantung bekerja, LED berkedip pada setiap detakan jantung. Output digital ini dapat dihubungkan ke mikrokontroler secara langsung langsung untuk mengukur detak jantung per menit. M212 bekerja pada tegangan + 5V DC dan arus 100mA.

< >Modul Wi-Fi ESP8266

Perangkat ESP8266 adalah sebuah modul yang dapat memungkinkan sebuahmikrokontroller terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Selain dapat terhubung dengan Wi-Fi ESP8266 dapat membuat tethering hotspot dan melakukan koneksi TCP/IP. Modul inikecil danhanya membutuhkan daya yang kecil yaitu3,3volt dan dapat dibeli dengan harga yang murah.

< >Apache 2 (Web Server)Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini mengunakan HTTP.

 

 


Leave a Comment:

Please Sign in First