Automatic Monitoring The Plant(AMP)



Posted on October 20, 2015 at 8:27 PM


Automatic Monitoring The Plant adalah perangkat yang dapat digunakan untuk menyimpan data pH tanah dari sensor pH Vernier yang terdapat pada microcontroler dengan teknologi wireless yang ditampilkan pada smartphone. Data hasil pemantauan tersebut diolah dan dikirim dari modul wireless pada microcontroler ke smartphone dengan tampilan berupa grafik atau chart.




ABSTRAK

           Pengujian kesuburan tanah pada masa sekarang ini dilakukan dengan metode pengambilan sampel tanah yang kemudian diuji di laboratorium. Proses ini cukup rumit dan memakan waktu yang lama serta membutuhkan laboratorium yang memadai.
 
            Dari permasalahan tersebut kami terinspirasi untuk membuat suatu alat yang dapat memudahkan pemantauan kesuburan tanah. Dengan memanfaatkan teknologi sensor yang dihubungkan dengan layar monitor menggunakan wireless, pemantauan dapat dilakukan tanpa perlu melakukan uji sampel tanah. Alat ini memanfaatkan sensor pH tanah yang dapat ditancapkan, lalu mengirim data ke microcontroller yang terhubung langsung dengan sensor. Data tersebut kemudian diolah mikrokontroller untuk kemudian dikirimkan ke pc atau gadget (android) melalui koneksi wireless. Aplikasi pada gadget akan memetakan data yang diterima dan menarik kesimpulan mengenai kondisi tanah yang sedang diamati. Dari data-data tersebut nantinya dapat ditentukan langkah-langkah untuk memperbaiki kesuburan tanah tersebut.
           
Alat ini didesain portabel sehingga mudah dipergunakan di berbagai tempat. Pemanfaatan teknologi wireless akan mempermudah akses data sensor. Judul untuk memantau kesuburan tanah ini sebelumnya sudah ada tetapi realitanya masih belum terlaksana dan berkembang untuk membantu para peneliti melakukan pemantauan kesuburan tanah dan pengambilan data kurang akurat. Sehingga pada judul ini kami menekankan aplikasi yang lebih komunikatif menggunakan tampilan grafik untuk menyampaikan data dari sensor.


Leave a Comment:

Please Sign in First